Sabtu, 14 Juni 2008

MATERI TURBO PASKAL I/O

BAB I

INPUT / OUTPUT



Turbo Pascal merupakan bahasa tingkat tinggi, karena bahasa tingkat tinggi yang membuat pemprograman lebih mudah dipahami dan berorientasi ke bahasa manusia. Oleh karena itu bahasa pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling tepat untuk mengajarkan metode pemrograman terstruktur,pemprograman ini sering di gunakaan di swalayan-sualayan atau supermarket untuk mengecek kode-kode dari barang-barang tersebut.



· Struktur Program Turbo Pascal

a. Judul Program



Untuk memberikan nama program dan daftar dari parameter tentang komunikasi program, bila ditulis harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma.



b. Pendeklarasian



Digunakan bila dalam program menggunakan identifier.

Identifier dapat berupa :

a. Konstanta = Const

b. Variabel = Var

c. Tipe = Type

d. Label = Goto



c. Inti Program



Bagian pernyataan yang akan diberikan untuk mengerjakan ditulis diantara kata cadangan begin…end.



d. Komentar Program



Bagan yang digunakan untuk lebih memperjelas suatu pernyataan. Biasanya menjelaskan algoritma program.



Bentuk Umum :

Begin

Statement ; (komentar)

…………………. (komentar)

…………………. (komentar)

end.

Contoh Program sederhana :

Program perkenalan; (judul program)

Uses crt; (penggunaan unit crt)

Begin (awal program)

Clrscr; (pembersihan layar)

Writeln ( ‘assalamualaikum, hai nama saya andrie ! Boleh kenalan ?’ );

Readln; (tunggu penekanan enter)

End. (akhir suatu program)



· Tanda Operasi

a. Operasi Aritmatika : +, -, *, /, div, mod

b. Operasi Perbandingan : =, <>, <, >, <=, >=

c. Operasi Logika : not, or, and, not, xor



· Tipe Data

a. Tipe Data Standar

- Integer : bagan bulat yang tidak mengandung desimal.

- Boolean : mengandung dua pernyataan true dan fase.

- Real : bilangan bulat yang mengandung desimal.

- Karakter : sesuatu yang dipit oleh tanda petik tunggal.

- String : deretan karakter dengan panjang tertentu.



b. Tipe Data Terstruktur

- Array

- Record

- File

- Set



c. Tipe Data Tidak Terstruktur



· Pernyataan Input dan Output

a. Read dan Readln

Untuk memasukan data dari keyboard atau dari file ke program

b. Write dan Writeln

Untuk menyampaikan data dari program ke layar, file atau printer.

contoh :

Program siswa;

User crt;

Var

Nm, npm, kl : string;

Begin

Clrscr;

Write ( ‘masukan nama anda : ‘) ; readln (nm) ;

Write ( ‘masukan npm anda : ‘) ; readln (npm) ;

Write ( ‘masukan kelas anda : ‘) ; readln (kls) ;

Writeln;

Writeln ( ‘nama saya : ‘ ,nm) ;

Writeln ( ‘npm saya : ‘ ,npm) ;

Writeln ( ‘kelas saya : ‘ ,kls) ;

End.

Tidak ada komentar:


Free chat widget @ ShoutMix